worldandlife

Archive for December 2010


Kantong plastik memang sangat berguna. Tapi tahukah kamu, benda ini memiliki sebuah proses yang panjang dengan dampak yang sangat besar terhadap lingkungan hidup.

Pemerintah, pelaku bisnis dan kelompok-kelompok masyarakat di seluruh dunia menghabiskan waktu dan uang mereka setiap tahun untuk membersihkan plastik yang tidak dapat didaur ulang atau dihapus dari pikiran dan mengembalikan kerusakan fungsi lingkungan karena plastik.

Check this out guys, ! 🙂

Tahukah Kamu?

1. Kantong plastik tidak dapat terurai dalam tanah hingga 100 tahun.

2. Mendaur ulang plastik membutukan energi 70% lebih sedikit dari pada membuat yang baru.

3. Kantong plastik sisa telah banyak ditemukan di kerongkongan anak elang laut di Pulau Midway, Lautan Pacific

4. Setiap tahun, plastik telah ’membunuh’ hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut dan ikan-ikan yang tak terhitung jumlahnya.

5. Beberapa tipe kantong plastik telah dilarang beredar di Bangladesh, Taiwan, serta sebagian India, Australia dan Afrika Selatan.

6. Pajak/retribusi terhadap kantong plastik telah dikenakan di Irlandia dan Denmark untuk mengurangi penggunaannya.

Sumber Daya Alam :

Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene.
Minyak, gas dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui.

Dampak Kantong Plastik :


Kantong plastik yang tak dapat digunakan kembali dan didaur ulang berakhir di lahan pembuangan atau sampah di tanah dan di laut.
Plastik tidak dapat terurai, akibatnya jumlah sampah plastik di bumi ini terus meningkat setiap tahunnya.
Kantong plastik ringan dan anti lembab, karenanya sangat mudah melayang di udara dan mengapung di air, juga sangat mudah menempuh perjalanan yang jauh.
Sampah kantong plastik secara visual tidak menarik dan dapat memiliki dampak serius di wildlife, hewan dan saluran air.
Terjadinya banjir di perkotaan terjadi karena kantong-kantong plastik yang menutup saluran air.

Wildlife:

Sebagai konsekuensi berumur panjangnya plastik dan kemampuannya unuk menempuh perjalanan yang cukup jauh berpengaruh cukup serius terhadap wildlife.
Hewan-hewan dapat terjerat dalam tumpukan plastik.
Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, kura-kura, dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut makanan, kemudian merasa kelaparan hingga mati karena tidak dapat mencernanya.
Ketika hewan mati, kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan lainnya.

How to solve the problem?

1. Kurangi dan Gunakan Kembali Kantong Plastik:

Usahakan untuk menggunakan alternatif kantong plastik seperti kantong dari kain, keranjang atau kotak kerdus. Jika harus menggunakan kantong plastik, usahakan untuk menggunakannya kembali sesering mungkin. Pastikan juga untuk membuangnya secara benar ketika kantong plastik tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali.

2.Daur Ulang:

Daur ulang adalah cara tepat untuk memanfaatkan plastik-plastik yang sudah tidak terpakai lagi. Namun, program daur ulang membutuhkan tingkat infrastruktur yang tinggi dan pasar yang dapat menyerap produk-produk yang dihasilkannya.


3. Beberapa tindakan sederhana yang dapat dilakukan:

– Pikir dua kali untuk meminta kantong plastik jika barang belanjaan sedikit dan mudah dibawa.

– Sediakan kantong kain di rumah, kantor, sepeda motor dan mobil. Sehingga selalu tersedia ketika pergi berbelanja.

– Mintalah toko langganan untuk berhenti menyediakan kantong plastik secara gratis, atau tawarkan diskon untuk tidak menggunakan kantong plastik.

– Ya, kalo bisa sarankan kepada anggota dewan kota setempat atau pemerintah kota/kabupaten setempat untuk mengenalkan peraturan pajak untuk penggunaan kantong plastik atau larangan penggunaan kantong plastik.

sumber: http://www.tunashijau.org/kantongplastik.htm

Gimana guys, udah tahu kan Bahaya dari kantong plastik ?
Semoga dengan tips-tips yang diatas, kita bisa membantu untuk Menyelamatkan Bumi 🙂

Say No to Plastik Bag !!!

Advertisements

Guys, ini dia artikel tentang tempat-tempat terkotor di dunia. 😦
Iyyuww…
Semoga, dengan membaca artikel ini kesadaran teman-teman untuk menjaga kebersihan lingkungan bisa bertambah, ya ! Aminnn.. 🙂

Gak mau kan, kota/tempat tinggal kalian masuk sebagai salah satu nominasi tempat terkotor di dunia ?!?!
So, ayo kita jaga kebersihan lingkungan kita!
Kalau gak sekarang, kapan lagi coy!

Check this out ! ! !


1. Sungai Citarum di Jawa Barat yang kerap dipenuhi sampah ternyata menjadi sungai terkotor di dunia. Penilaian ini dilakukan oleh Huffington Posts saat mendata kota-kota paling berpolusi di seluruh dunia. Padahal, sekitar 5 juta orang hidup di dekat sungai tersebut dan mengandalkan Sungai Citarum sebagai sumber air.


2. Linfen, China. Kota ini merupakan kota paling berpolusi di seluruh dunia. Hidup di kota itu dalam sehari sama saja menghirup 3 pak rokok. Menurut Mother Nature Network, pakaian yang dijemur bahkan sudah hitam sebelum kering. Polusi di sana disebabkan asap mobil dan limbah industri.


3. Los Angeles, Amerika Serikat. Menurut American Lung Association, polusi ozon paling banyak di kota yang terletak di California ini. California Air Resourches Board menyebutkan ada 18 ribu orang mati sebelum waktunya karena polusi udara.


4. Niger Delta, Nigeria. Kalau dirata-rata, sepanjang tahun terjadi 300 tumpahan minyak di sini. Selama 50 tahun, sudah terjadi tumpahan minyak sebanyak 9 hingga 13 juta tong oil. Sungai dan kehidupan marga satwa di sana sudah rusak akibat terkontaminasi minyak. Sekitar 90 persen kebocoran minyak disebabkan oleh pencuri yang menjebol pipa, demikian menurut Shell.


5. London, Inggris. Polusi udara di London disebabkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, agrikultur, dan rumah tangga. Karena polusi udara, umur penduduk disana terpangkas sekitar 9 tahun dengan sekitar 50 ribu orang meninggal akibat polusi udara.


6. Dzerzhinsk, Rusia. Antara 1930 hingga 1998, Dzerzhinsk merupakan tempat pembuangan 300 ribu ton limbah kimia sisa produksi senjata. Sebanyak 300 ribu orang terpapar oleh polusi akibat bahan kimia tersebut. Menurut Mother Nature Network, pada tahun 2003, tingkat kematian di kota ini lebih banyaj 260 persen ketimbang jumlah kelahiran.


7. La Oraya, Peru. Sekitar 35 ribu penduduk La Oroya merasakan dampak polusi timah, seng, tembaga, dan sulfur dioksida dari sebuah perusahaan pertambangan dan perikanan. Menurut Time, 99 persen anak-anak di sekitar pertambangan memiliki darah yang terpapar jauh dari level normal.


8. Danau Karachay, Rusia. Tempat pembuatan senjata nuklir milik Rrusia ini membuat lokasi ini memiliki polusi radioaktif dengan level yang mematikan apabila seseorang terpapar selama 1 jam.

Kisah perjuangan 7 anak kecil yang bener-benar telah membuat saya terharu. Bagaimana seorang anak memperjuangkan hak-hak nya untuk tetap bisa diterima dilingkungan masyarakat karena mengidap HIV. Sungguh suatu perjuangan yang layak mendapat apresiasi.

Selamat membaca 🙂


1.Nkosi Johnson,1989 – 2001
lahir pada tahun 1989 di johanesburg. Ia tidak pernah tahu ayahnya telah Mengidap HIV positif semenjak lahir,dia diadopsi oleh Gail johnson. Nkosi johnson mulai menjadi perhatian publik pada tahun 1997,ketika sebuah sekolah dasar dikota melville johannesburg menolak untuk menerimanya sebagai murid dikarenakan penyakit HIV-positif yang dideritanya . Kejadian tersebut membuat kehebohan ditingkat tertinggi politik afrika selatan, konstitusi melarang deskriminasi atas dasar status medis. Nkosi adalah inti pembicaraan di 13 Konferensi AIDS Internasional, di mana ia mendorong korban AIDS untuk terbuka tentang penyakit dan agar mendapatkan perlakuan yang sama. Ini adalah cuplikan kata sambutan Nkosi:

“kita semua manusia yang sama, Kami memiliki tangan, Kami memiliki kaki, Kami dapat berjalan, kami dapat berbicara, kami memiliki kebutuhan seperti orang lain,jangan takut kepada kami,karena kita semua sama”

Nelson Mandela menyebut Nkosi sebagai “ikon perjuangan untuk hidup”.
Bersama dengan ibu angkatnya, Nkosi mendirikan sebuah tempat perlindungan HIV positif untuk ibu dan anak-anak bernama “Nkosi Haven’s”, di Johannesburg. Pada bulan November 2005, Gail mewakili Nkosi ketika ia menerima Hadiah Perdamaian internasional anak dari tangan Mikhail Gorbachev. Nkosi’s Haven menerima US $ 100.000 hadiah uang dari Yayasan KidsRights serta patung dengan ukiran namanya. kehidupan Nkosi diangkat dalam buku “Kami” karangan Jim Woote.


2.Hector Pieterson (1964 – 16 Juni 1976) menjadi ikon gambar pada tahun 1976 tentang pemberontakan apartheid di Afrika Selatan. Berita dan foto tentang kematian Hector yang sedang digendong oleh temannya, telah diterbitkan di seluruh dunia. Dia dibunuh pada usia 12 tahun ketika polisi menembaki siswa yang berunjuk rasa. Oleh karenanya, tanggal 16 juni dijadikan sebagai hari perlawanan terhadap kekejaman dari pemerintah apartheid. Saat ini, tanggal 16 Juni diketahui sebagai Hari Nasional Pemuda di Afrika Selatan yang menghormati kaum muda dan membawa perhatian terhadap kebutuhan mereka.

16 juni 2002,telah diresmikan sebuah museum Hector Pieterson di dekat tempat dia di Orlando Barat.
gambar diatas menunjukkan saat mereka membawa Hector Pieterson, diiringi oleh Saudara Hector, Antoinette.


3.Iqbal Masih,1982 – 1995
Iqbal Masih adalah seorang anak laki-laki Pakistan umur 4 tahun yang dijual ke industri karpet sebagai budak dengan harga US$12. Dia dipaksa bekerja selama dua belas jam perhari. Karena jam kerja yang lama dan keras, serta kekurangan makanan dan perawatan, Iqbal memiliki tubuh yang sangat kecil. Pada usia dua belas tahun, tubuhnya seperti anak laki-laki yang baru berusia 6 tahun. Pada usia 10 tahun, dia melarikan diri dari perbudakan brutal dan kemudian bergabung dengan Front Pembebasan Buruh bond Pakistan untuk membantu menghentikan pekerja anak di seluruh dunia, Iqbal menolong lebih dari 3.000 anak Pakistan lepas dari perburuhan,escape to freedom.

Dia dibunuh pada hari Minggu Easter 1995. Diduga oleh banyak pihak bahwa ia telah dibunuh oleh anggota “Carpet Mafia” karena ia membawa publisitas terhadap pekerja anak di industri.
Pada tahun 1994, Iqbal dianugerahkan Reebok Human Rights Award. Pada tahun 2000, ia mendapat penghargaan Hak anak.


4.Thandiwe Chama,1991
Thandiwe Chama adalah gadis Zambia berusia 16 tahun, dia memperoleh penghargaan scooped the 2007 International Children’s menyingkirkan 28 nominasi lainnya dari seluruh dunia. Hadiah tersebut diberikan kepada Thandiwe pada hari minggu oleh pemenang hadiah nobel perdamaian betty williams dan , sir bob geldof. Hadiah tersebut berupa patung “the Nkosi” dan uang sebesar 100.000 Euro.

Pada tahun 1999 ketika thandiwe berusia 8 tahun,sekolahnya ditutup karena tidak ada guru,thandiwe beserta 60 anak lainnya berjalan mencari sekolah lainnya. Akhirnya semua anak-anak tersebut ditampung di the Jack Cecup School. Diperkuat dengan prestasinya, thandiwe selalu mengkampanyekan tentang hak-hak anak sekolah untuk mendapatkan pendidikan yang layak.Thandiwe terus bersuara, dengan berbicara didepan gereja tentang anak-anak dan AIDS, tetapi masalah seperti itu tidak selalu mudah dibahas di gereja. Bersama dengan temannya dia menulis dan mengilustrasi sebuah buku yang berjudul “the chicken with AIDS” yang menceritakan tentang kisah anak-anak penderita AIDS.

“Ini sangat penting untuk mengetahui bahwa anak juga mempunyai hak. Di sekolah saya belajar tentang hak. Dan kemudian saya tahu bahwa ini adalah sesuatu yang ingin saya untuk dapatkan. Karena jika anak-anak telah diberi kesempatan, mereka yakin dapat berkontribusi di dunia ini dan membuat tempat yang lebih baik. “- Thandiwe Chama


5.Om Prakash Gurjar,1992
Pada usia lima tahun, dia diadosi dari orang tuanya dan bekerja diladang selama 3 tahun. Setelah itu dia menjadi aktivis di Bachpan Bachao Andolan, dia berkampanye tentang pendidikan gratis di rajasthan. Dia kemudian membantu mendirikan sebuah network yang dikenal dengan nama “child friendly villages”,tempat anak-anak yang dihormati dan hak-hak pekerja anak tidak diperbolehkan. Dia juga mengatur network yang bertujuan untuk memberikan semua anak-anak sertifikat sebagai salah satu cara untuk membantu melindungi mereka dari eksploitasi. Dia juga bekerja untuk memastikan anak-anak diberikan akte kelahiran. Dia mengatakan registrasi tersebut merupakan langkah pertama menuju penegakan hak anak-anak, membuktikan usia mereka, dan untuk membantu melindungi mereka dari perbudakan, perdagangan, perkimpoian atau dipaksa melayani anak sebagai tentara.

Dia telah dianugerahkan Internasional Anak Hadiah Perdamaian oleh mantan Presiden Afrika Selatan FW de Klerk, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1993.


6.Samantha Smith,1972 – 1985
Samantha Reed Smith adalah siswi Amerika dari Manchester, samantha menjadi terkenal di era Perang dingin Amerika dan Uni Soviet. Pada bulan November 1982, ketika Smith berusia 10 tahun, dia menulis surat kepada pemimpin Uni Soviet Yuri Andropov, dia menanyakan mengapa hubungan antara Uni Soviet dan Amerika Serikat begitu menegangkan. Kemudian surat tersebut dimuat koran Soviet di Pravda. Samantha sangat senang mengetahui bahwa surat itu telah diterbitkan, Namun, dia tidak mendapatkan balasan. Dia kemudian mengirim surat ke Uni Soviet di Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk menanyakan apakah ada respon dari tuan Andropov. Pada tanggal 26 April 1983, ia mendapatkan respon dari Andropov.

Smith menarik perhatian media luas di kedua negara tersebut sebagai “Goodwill Ambassador”, dan menjadi “Duta Besar Amerika Serikat muda” . Ia juga berpartisipasi dalam kegiatan perdamaian di Jepang. Dia menulis sebuah buku dan muncul dalam serial televisi. Ia meninggal pada usia 13 tahun di Bar Harbor Airlines dalam Penerbangan 1808 pesawat crash.


7. Annelies Marie “Anne” Frank (12 Juni 1929 – Februari/Maret 1945) adalah seorang perempuan kaum Yahudi yang menulis sebuah buku harian ketika ia bersembunyi bersama keluarga dan empat temannya di Amsterdam semasa pendudukan Nazi di Belanda pada Perang Dunia II. Setelah bersembunyi selama dua tahun, kelompok mereka dikhianati dan mereka dibawa ke kamp konsentrasi yang mengakibatkan seluruh keluarganya tewas termasuk Annelies, kecuali Otto, ayah Anne. Ottolah satu-satunya yang mampu bertahan hidup. Otto kembali ke Amsterdam dan dia menemukan buku harian anaknya. Karena yakin akan uniknya catatan tersebut, Otto berusaha mempublikasikannya.

Buku harian tersebut diberikan kepada Anne pada ulang tahunnya yang ketiga belas. Ia mencatat rentetan peristiwa-peristiwa kehidupan Anne dari 12 Juni 1942 hingga catatan terakhir pada 1 Agustus 1944. Akhirnya buku harian itu diterjemahkan dari bahasa Belanda dan berbagai bahasa. Buku tersebut menjadi salah satu buku yang paling banyak dibaca di dunia. Beberapa produkser teater dan film juga mengangkat tema diari ini. Buku harian yang digambarkan sebagai karya yang dewasa dan berwawasan ini menyodorkan potret kehidupan sehari-hari yang mendalam di bawah pendudukan Nazi. Melalui tulisannya, Anne Frank menjadi salah satu korban Holocaust yang paling banyak dibicarakan.

Kau masih disini True Friend :)
Kita teman sejati
Tunjukkan pada dunia arti sahabat

Nidji- Arti Sahabat

Sahabat (Indonesia), Amigos (Spanish), Mes amis (France), Friend (English)
Tentu, kata “Sahabat atau teman” sudah familiar di telinga kita kan?
Tapi, sesunggunya kalian tahu tidak apa, siapa dan bagaimana itu sahabat?
Juga, kapan dan dimana sahabat harus ada?

Yap! Rumus 5w + 1h gak selalu berlaku saat kita akan membuat suatu laporan. Tapi, rumus ini juga saya pakai untuk mendefinisikan tentang “SAHABAT”

Okay, let’s start it ! here we go!

Sahabat, tentu kita semua punya sahabat kan?
Mulai dari sahabat yang biasa-biasa aja (atau sekedear kenal gitu doang) sampe sahabat karib alias sahabat sejati alias sohib asli.
Sekarang, saya akan lebih konsen ke “Sahabat Sejati”

Banyak anak muda yang pengen banget punya sahabat-sahabat sejati kayak yang di film- film. Tapi, sesungguhnya dapetin sahabat kayak di film-film tuh gak gampang. Di film, sutradaranya udah ngatur scenario supaya persahabatan tokoh-tokoh utamanya itu kelihatan So sweet, selalu ceria, dan persahabatan mereka jarang dilanda masalah, kalo ada masalah toh palingan cuman masalah-masalah sepele.

Namun, pada kenyataannya “Sahabat Sejati” itu susaaaahh banget buat dicari.
Ada pepatah mengatakan, Lebih mudah mendapat 1000 musuh daripada menncari 1 sahabat sejati.

Sahabat sejati itu, adalah orang yang bisa nerima kamu apa adanya tanpa melihat status sosial, kekayaan, kepintaran, dll.

Sahabat sejati itu, adalah orang yang selalu ada saat kamu butuh. Misalnya di saat kamu lagi sedih, lagi butuh perhatian, lagi butuh teman curhat dan lagi butuh solusi. Itulah saat dimana seorang “Sahabat Sejati” harus ada di dekatmu. Tapi, di lain pihak kamu gak bisa ngarepin sahabatmu saat UJIAN.
Hehehehe 😀 kamu gak boleh pake alasan “Kamu kan sahabat sejatiku, jadi kammu harus bantu aku pas ujian nanti !”
Bisa aja sih bantu, tapi ingat bantunya bukan pake jawaban. Tapi, membantu saat belajar kelompok atau persiapan-persiapan sebelum ujian. Jadi, ada baiknya juga kalo sebelum ujian kamu dan sahabat sejatimu bikin program belajar bareng, dll.
Pasti suasana belajar gak bakalan ngebosenin. Justru bakal seru 

Mungkin persahabatan kita ada kalanya sering diterba badai permasalahan. Ada kalanya kita juga sering ngerasa kalo persahabatan kita gak seindah di film-film.

Masalah itu biasa. Memang gak mudah menyatukan perbedaan kita dengan sahabat. Tapi, perbedaan inilah yang akan membuat persahabatan kita lebih manis.

Kalo diantara kita dan sahabat ada masalah, selesaikanlah dengan baik-baik. Pikirkan dengan pikiran yang dingin. Jangan dibawa dengan emosi. Dan selalu ingat, kita ini adalah makhluk sosial yang gak mungkin hidup sendiri di dunia ini. Kalo kamu udah punya ikatan yang begitu kuat dengan sahabatmu, percaya deh kamu gak akan tahan berlama-lama bertengkar dengan sahabatmu.

Memang ada kalanya kamu berpikir sikap sahabatmu itu udah keterlaluan. Jadi, gak bisa dimaafin. Ingat, manusia itu tidak ada yang sempurna. Sahabatmu kan, juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

Oh yeah, ngomongin soal permasalahan yang bisa terjadi diantara kalian dan sahabat, aku mau kasih tau beberapa permasalahan yang kemungkinan bisa terjadi dan cara mengatasinya 

1. Masalah yang satu ini pasti pernah terjadi ama siapa aja.
NGAMBEK -_-“
Kalian pernah ngambek gak? Hayyoo ngaku :p
Atau sahabat kamu pernah ngambek?

Ya ampyun, ngambek itu mah udah biasa.
Ngambek itu terjadi karena banyakkkk alasan.
Jangka waktu proses ngambek juga beragam.
Ada yang gak sampe sehari, ada yang berbulan-bulan, bahkan ada yang hampir setahun (Wah, itu mah udah bukan Ngambek tapi Dendam -_-“)

Kalo dalam persahabatan, istilah ngambek-ngambekan itu udah biasa.
Dan biasanya orang tuh ngambek, karena ada yang bikin kesalahan sama dia.
Hingga menimbulkan perasaan sakit hati, tersinggung, marah, dll.

Waduh, kalo udah berhadapan dengan masalah ngambek-ngambekan, pasti kita mulai bete’ nih!
Manusiawilah, semua orang kan bisa ngambek.
Aku aja pernah ngambek ama sahabat-sahabatku :p
Nah, terus gimana dong cara mengatasi masalah ini?

Kalo sahabatmu ngambek:
First of all, minta maaf. + akuin kesalahanmu
Second, bujuklah dia dengan baik-baik 

Kayaknya cuman itu deh, penyelesaiannya.

Kalo kamu yang ngambek:
First. positive thinking. Pikirin, semua hal-hal indah yang pernah kamu laluin bersama sahabatmu.
Second,tenangkan pikiran. Kadang-kadang kalau kita lagi emosi pikiran kita pasti bawaannya marah-marah melulu.

Ada menganggap Ngambek itu terkadang bersifat keterlaluan. Emang sih, Ngambek itu manusiawi tapi, jangan terlalu berlebihanlah ngambeknya.
Aku aja pernah ngambek. Tapi, aku gak tahan berlama-lama ngambek ke sahabat aku. Soalnya ada yang kurang rasanya kalo gak ngobrol bareng sahabatku.
Kalo kalian emang udah sayyaanngg banget ama persahabatan kalian, dijamin deh! Kalian gak bakal tahan berlama-lama ngambek-ngambekan ama sahabat kalian! Trust me! 

2. Let’s continue to the next problem,
Masalah kedua yang sering muncul adalah, saat dimana kalian merasa kehilangan satu sama lain.

Jadi, ada kalanya sahabatmu tidak bisa meluangkan waktunnya buat kamu. Misalnya, dia sedang sibuk sama kegiatan OSISnya, atau kegiatan ekstrakulikuler, or kegiatan bakti sosialnya, etc.

Lalu, kalian sebagai sahabat berpikir “Ihh, kok dia sekarang jadi berubah ya? Dia sekarang udah terlalu sibuk sama tuh kegiatan sampe-sampe ngelupain aku!”
Mmm… adanya miss communication akan membuat masalah ini lebih runyam 

Nah, terus gimana dong cara mengatasi masalah ini?
First, positive thinking. We need that. Kamu harus positive thinking dulu. Jangan langsung berpikiran kalo sahabatmu itu berniat melupakan kamu. Siapa tau, dia itu emang lagi bener-bener sibuk.

Second, jangan miss communication. Kalo kamu berada di pihak yang merasa sahabatmu agak marah karena kamu terlalu sibuk, coba deh ceritain ke sahabatmu itu tentang kegiatan yang sedang kamu lakukan. Siapa tau dia juga bisa membantu kamu dalam kegiatanmu itu. Kalo kamu berada di pihak yang merasa sahabatmu mulai jauuhhh, coba deh tanya baik-baik ke dia “Kamu lagi konsen ama kegiatan apa sih? Kok kelihatannya sibuk banget. Siapa tau aku bisa bantu.” Nah, kan jadi lebih lega.

Third, sebagai sahabat nggak ada salahnya kan untuk ikut membantunya dalam kegiatan tersebut. Contohnya, kamu bisa ikut dalam kegiatan bakti sosialnya. Kan, jadi lebih seru tuh! Hitung2 beramal 

3. Pernah gak ortu kalian ngelarang kalian berteman dengan “si ini” atau “si itu” alias gak ngijinin kalian berteman dengan beberapa orang? Dengan arti kata lain, ortu kalian memilih-milih atau memberikan ketentuan dalam berteman.

Nah, terkadang ortu kita pro-kontra sama sahabat-sahabat kita.
99% orangtua pasti akan melarang kita untuk berteman dengan orang yang “gak bener” “gak beres” atau tidak baik di mata ortu kita.

Jangan berpikir kalau tindakan tersebut, melambangkan bahwa ortu kalian itu Over protected.
Sebenarnya, ortu tuh bermaksud baik. Mereka gak mau anak mereka mendapat dampak negative dari sahabat-sahabatnya.

Mmmm… so, kita juga sebaiknya memilih sahabat yang baik-baik (tapi ini bukan bermaksud pilih-pilih teman lho). Karena, bukan tidak mungkin karena salah memilih teman, kita masuk ke jalan yang salah. Alias sahabat kita sendiri yang akan menuntun kita ke jalan yang salah.
Contohnya, seorang anak yang sedang stres digoda oleh sahabatnya sendiri untuk make narkoba sebagai obat penghilang stress Ini kisah nyata lho, teman-teman. Kebanyakan remaja-remaja pecandu narkoba itu tergoda untuk make narkoba , karena ajakan sahabatnya sendiri yang ternyata merupakan pecandu narkoba juga.
Kita kan juga udah sering dengar tentang “salah pergaulan”.

Wuuiih, jadi takut deh 
So, don’t a judge a book by it’s cover but, judge it from it’s contain
Yap, kita gak boleh menilai orang dari luarnya aja.
Lihat juga dari hatinya.

Hmmm… beralih ke sahabat yang membawa dampak positif 
Kalian pernah gak punya sahabat yang membawa dampak positif?
Atau kalian sama-sama membawa dampak positif?

Seru kan, punya sahabat yang membawa dampak positif. Misalnya, dulunya kamu itu malas belajar terus tau-tau tanpa disadari sahabatmu udah menularkan semangat belajarnya ke kamu…
Wuih, it’s nice 

Contoh lain, dulunya sahabatmu gak suka menabung. Terus kamu menularkan sifat rajin menabungmu pada sahabatmu itu.
Kan, enak kalian bisa sama-sama menikmati hasil tabungan dengan beli buku bareng,dll. Kalo kamu beli barang dari hasil tabungan sendiri pasti rasanya akan lebih bangga ketimbang minta uang pada ortu. Percaya deh! 

Nah, enak kan kalo punya sahabat yang membawa dampak positif. Seru juga, kalo kamu dan sahabatmu sama-sama membawa dampak positif satu sama lain 🙂

Okay, Mungkin itu dulu yang bisa aku bahas.
Yang mau kasih comment, kritik, saran or pertanyaan seputar Friend
Bisa langsung comment dibawah ya!
Akan aku balas as soon as possible

Okay, tentunya “Global Warming” itu udah familiar di telinga kita kan?
Tapi, kalian udah tau belum apa sih Global Warming itu?

Sharing dikit, yah teman-teman.
Nah, aku dulu waktu SD penasaran banggeett apa yang namanya Global Warming. Kebetulan juga waktu itu aku disuruh ikut lomba speech dengan tema “Global Warming”.
Terus, aku iseng-iseng search di google + tanya sana sini penjelasan detail tentang Global warming.
Faktanya, nggak semua orang yang aku tanyain bisa ngejelasin apa itu Global Warming.
Sekarang, aku dah mulai ngerti penjelasan simple tentang Global Warming.
Emang sih, bukan pengertian Global Warming secara mendasar.
Tapi, minimal bisa ngasih gambaran sekilas tentang Global Warming.

Okay, here we go…

Global Warming atau Pemanasan Global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi.
Did u know, Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir.

Global Warming ini menimbulkan berbagai dampak buruk .
Seperti :
1. Mengakibatkan naiknya permukaan laut
Wah, bisa ngebayangin gak kalau permukaan laut tuh makin lama makin tinggi. Hal ini, bisa berdampak juga pada pemukiman warga yang ada disekitar pesisir pantai.

2. Menimbulkan fenomena cuaca ekstrim.
teman-tema pasti sekarang merasakan, ada yang aneh dengan cuaca di bumi. Aku juga ngerasain.
Pagi-pagi aku mau berangkat sekolah, cuacanya cerah2 aja kok.
Tiba-tiba pas udah siang tau hujan -_-”
Aku juga sering bingung ama cuaca sekarang.
Misalnya, Bulan Juni itu kan musim panas .
Tapi kok, di Bulan Juni itu sering Hujan (pengalaman nyata).
Mmm… ternyata itu dampak dari Global Warming.

3. Berkurangnya hasil pertanian
4. Punahnya berbagai hewan
😥

5. dan massihhh banyaakkk lagiii…

So, what should we do to Save our planet?
:”(

menurut penelitian ada beberapa tips yg bisa kita gunakan to Save our Planet. This some little steps that can help our Earth :
1. Kurangi konsumsi daging.
2. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar.
3. Beli produk lokal
4. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas.
5. Beli dalam kemasan besar.
6. Matikan oven Anda beberapa menit sebelum waktunya.
7. Hindari fast food.
8. Bawa tas yang bisa dipakai ulang.
9. Gunakan gelas yang bisa dicuci.
10. Berbelanjalah di lingkungan sekitar Anda. Akan sangat menghemat 11. biaya transportasi dan BBM Anda, dan pastinya mengurangi global warming.
12. Tanam pohon setiap ada kesempatan.
13. Turunkan suhu AC Anda.
14. Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC.
15. Gunakan pemanas air tenaga surya.
16. Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes.
17. Gunakan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat 8 kali dan lebih hemat hingga 80 % dari lampu pijar biasa, dan mengurangi global warming.
18. Maksimalkan pencahayaan dari alam.
19. Hindari posisi stand by pada elektronik Anda!
20. Gunakan colokan lampu yang ada tombol on-off-nya. Atau cabut kabel dari sumber listriknya.
21. Jika pengisian ulang baterai Anda sudah penuh, segera cabut!
22. Kurangi waktu dalam membuka lemari es Anda.
23. Jangan membeli bunga potong.
24. Potong makanan dalam ukuran yang lebih kecil.
25. Gunakan air dingin untuk mencuci dan cucilah dalam jumlah banyak.
26. Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan.
27. Gunakan ulang perabotan rumah Anda.
28. Donasikan mainan yang sudah tidak pantas untuk umur anak Anda.
30. Jika menggunakan deodorant atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol, yang memacu terjadinya global warming.
31. Makan siang di sekolah/rumah bawalah bekal sendiri. Hindari media bungkus plastik atau stereofoam (Berasal dari minyak bumi dan susah untuk diuraikan).
32. Gunakan kertas lebih sedikit.

Hmm.. lumayan susah2 gampang ya?
Tapi, jgn takut mencoba.
Kalau bukan sekarang kapanlagi?
Ayo Selamatkan Bumi kita dari sekarang !

🙂

Welcome Myspace Comments
MyNiceProfile.com

Welcome 🙂

Sesuai dengan nama webnya “World and Life”
i’ll show everything about our wonderful world and our wonderful life.
Mulai dari cerita-cerita yang inspiratif sampai berbagai tips dan trik yang berkaitan dengan our life.

Saya sebagai penulis dan pengelola mini web ini, juga akan membahasa tentang masalah2/ isu2 National, Regional, sampai Global.
Seperti Global Warming, dll.
Saya harap, secara tidak langsung dengan adanya miniweb ini, para pembaca yang membaca web ini, bisa tergugah hatinya dan mau membantu mengatasi berbagai masalah2 tersebut.

i hope u’ll enjoy it.
xoxo.
Thank You Myspace Comments
MyNiceProfile.com

Fauziyyah Djaafara