worldandlife

F.R.I.E.N.D.S

Posted on: December 18, 2010

Kau masih disini True Friend :)
Kita teman sejati
Tunjukkan pada dunia arti sahabat

Nidji- Arti Sahabat

Sahabat (Indonesia), Amigos (Spanish), Mes amis (France), Friend (English)
Tentu, kata “Sahabat atau teman” sudah familiar di telinga kita kan?
Tapi, sesunggunya kalian tahu tidak apa, siapa dan bagaimana itu sahabat?
Juga, kapan dan dimana sahabat harus ada?

Yap! Rumus 5w + 1h gak selalu berlaku saat kita akan membuat suatu laporan. Tapi, rumus ini juga saya pakai untuk mendefinisikan tentang “SAHABAT”

Okay, let’s start it ! here we go!

Sahabat, tentu kita semua punya sahabat kan?
Mulai dari sahabat yang biasa-biasa aja (atau sekedear kenal gitu doang) sampe sahabat karib alias sahabat sejati alias sohib asli.
Sekarang, saya akan lebih konsen ke “Sahabat Sejati”

Banyak anak muda yang pengen banget punya sahabat-sahabat sejati kayak yang di film- film. Tapi, sesungguhnya dapetin sahabat kayak di film-film tuh gak gampang. Di film, sutradaranya udah ngatur scenario supaya persahabatan tokoh-tokoh utamanya itu kelihatan So sweet, selalu ceria, dan persahabatan mereka jarang dilanda masalah, kalo ada masalah toh palingan cuman masalah-masalah sepele.

Namun, pada kenyataannya “Sahabat Sejati” itu susaaaahh banget buat dicari.
Ada pepatah mengatakan, Lebih mudah mendapat 1000 musuh daripada menncari 1 sahabat sejati.

Sahabat sejati itu, adalah orang yang bisa nerima kamu apa adanya tanpa melihat status sosial, kekayaan, kepintaran, dll.

Sahabat sejati itu, adalah orang yang selalu ada saat kamu butuh. Misalnya di saat kamu lagi sedih, lagi butuh perhatian, lagi butuh teman curhat dan lagi butuh solusi. Itulah saat dimana seorang “Sahabat Sejati” harus ada di dekatmu. Tapi, di lain pihak kamu gak bisa ngarepin sahabatmu saat UJIAN.
Hehehehe 😀 kamu gak boleh pake alasan “Kamu kan sahabat sejatiku, jadi kammu harus bantu aku pas ujian nanti !”
Bisa aja sih bantu, tapi ingat bantunya bukan pake jawaban. Tapi, membantu saat belajar kelompok atau persiapan-persiapan sebelum ujian. Jadi, ada baiknya juga kalo sebelum ujian kamu dan sahabat sejatimu bikin program belajar bareng, dll.
Pasti suasana belajar gak bakalan ngebosenin. Justru bakal seru 

Mungkin persahabatan kita ada kalanya sering diterba badai permasalahan. Ada kalanya kita juga sering ngerasa kalo persahabatan kita gak seindah di film-film.

Masalah itu biasa. Memang gak mudah menyatukan perbedaan kita dengan sahabat. Tapi, perbedaan inilah yang akan membuat persahabatan kita lebih manis.

Kalo diantara kita dan sahabat ada masalah, selesaikanlah dengan baik-baik. Pikirkan dengan pikiran yang dingin. Jangan dibawa dengan emosi. Dan selalu ingat, kita ini adalah makhluk sosial yang gak mungkin hidup sendiri di dunia ini. Kalo kamu udah punya ikatan yang begitu kuat dengan sahabatmu, percaya deh kamu gak akan tahan berlama-lama bertengkar dengan sahabatmu.

Memang ada kalanya kamu berpikir sikap sahabatmu itu udah keterlaluan. Jadi, gak bisa dimaafin. Ingat, manusia itu tidak ada yang sempurna. Sahabatmu kan, juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

Oh yeah, ngomongin soal permasalahan yang bisa terjadi diantara kalian dan sahabat, aku mau kasih tau beberapa permasalahan yang kemungkinan bisa terjadi dan cara mengatasinya 

1. Masalah yang satu ini pasti pernah terjadi ama siapa aja.
NGAMBEK -_-“
Kalian pernah ngambek gak? Hayyoo ngaku :p
Atau sahabat kamu pernah ngambek?

Ya ampyun, ngambek itu mah udah biasa.
Ngambek itu terjadi karena banyakkkk alasan.
Jangka waktu proses ngambek juga beragam.
Ada yang gak sampe sehari, ada yang berbulan-bulan, bahkan ada yang hampir setahun (Wah, itu mah udah bukan Ngambek tapi Dendam -_-“)

Kalo dalam persahabatan, istilah ngambek-ngambekan itu udah biasa.
Dan biasanya orang tuh ngambek, karena ada yang bikin kesalahan sama dia.
Hingga menimbulkan perasaan sakit hati, tersinggung, marah, dll.

Waduh, kalo udah berhadapan dengan masalah ngambek-ngambekan, pasti kita mulai bete’ nih!
Manusiawilah, semua orang kan bisa ngambek.
Aku aja pernah ngambek ama sahabat-sahabatku :p
Nah, terus gimana dong cara mengatasi masalah ini?

Kalo sahabatmu ngambek:
First of all, minta maaf. + akuin kesalahanmu
Second, bujuklah dia dengan baik-baik 

Kayaknya cuman itu deh, penyelesaiannya.

Kalo kamu yang ngambek:
First. positive thinking. Pikirin, semua hal-hal indah yang pernah kamu laluin bersama sahabatmu.
Second,tenangkan pikiran. Kadang-kadang kalau kita lagi emosi pikiran kita pasti bawaannya marah-marah melulu.

Ada menganggap Ngambek itu terkadang bersifat keterlaluan. Emang sih, Ngambek itu manusiawi tapi, jangan terlalu berlebihanlah ngambeknya.
Aku aja pernah ngambek. Tapi, aku gak tahan berlama-lama ngambek ke sahabat aku. Soalnya ada yang kurang rasanya kalo gak ngobrol bareng sahabatku.
Kalo kalian emang udah sayyaanngg banget ama persahabatan kalian, dijamin deh! Kalian gak bakal tahan berlama-lama ngambek-ngambekan ama sahabat kalian! Trust me! 

2. Let’s continue to the next problem,
Masalah kedua yang sering muncul adalah, saat dimana kalian merasa kehilangan satu sama lain.

Jadi, ada kalanya sahabatmu tidak bisa meluangkan waktunnya buat kamu. Misalnya, dia sedang sibuk sama kegiatan OSISnya, atau kegiatan ekstrakulikuler, or kegiatan bakti sosialnya, etc.

Lalu, kalian sebagai sahabat berpikir “Ihh, kok dia sekarang jadi berubah ya? Dia sekarang udah terlalu sibuk sama tuh kegiatan sampe-sampe ngelupain aku!”
Mmm… adanya miss communication akan membuat masalah ini lebih runyam 

Nah, terus gimana dong cara mengatasi masalah ini?
First, positive thinking. We need that. Kamu harus positive thinking dulu. Jangan langsung berpikiran kalo sahabatmu itu berniat melupakan kamu. Siapa tau, dia itu emang lagi bener-bener sibuk.

Second, jangan miss communication. Kalo kamu berada di pihak yang merasa sahabatmu agak marah karena kamu terlalu sibuk, coba deh ceritain ke sahabatmu itu tentang kegiatan yang sedang kamu lakukan. Siapa tau dia juga bisa membantu kamu dalam kegiatanmu itu. Kalo kamu berada di pihak yang merasa sahabatmu mulai jauuhhh, coba deh tanya baik-baik ke dia “Kamu lagi konsen ama kegiatan apa sih? Kok kelihatannya sibuk banget. Siapa tau aku bisa bantu.” Nah, kan jadi lebih lega.

Third, sebagai sahabat nggak ada salahnya kan untuk ikut membantunya dalam kegiatan tersebut. Contohnya, kamu bisa ikut dalam kegiatan bakti sosialnya. Kan, jadi lebih seru tuh! Hitung2 beramal 

3. Pernah gak ortu kalian ngelarang kalian berteman dengan “si ini” atau “si itu” alias gak ngijinin kalian berteman dengan beberapa orang? Dengan arti kata lain, ortu kalian memilih-milih atau memberikan ketentuan dalam berteman.

Nah, terkadang ortu kita pro-kontra sama sahabat-sahabat kita.
99% orangtua pasti akan melarang kita untuk berteman dengan orang yang “gak bener” “gak beres” atau tidak baik di mata ortu kita.

Jangan berpikir kalau tindakan tersebut, melambangkan bahwa ortu kalian itu Over protected.
Sebenarnya, ortu tuh bermaksud baik. Mereka gak mau anak mereka mendapat dampak negative dari sahabat-sahabatnya.

Mmmm… so, kita juga sebaiknya memilih sahabat yang baik-baik (tapi ini bukan bermaksud pilih-pilih teman lho). Karena, bukan tidak mungkin karena salah memilih teman, kita masuk ke jalan yang salah. Alias sahabat kita sendiri yang akan menuntun kita ke jalan yang salah.
Contohnya, seorang anak yang sedang stres digoda oleh sahabatnya sendiri untuk make narkoba sebagai obat penghilang stress Ini kisah nyata lho, teman-teman. Kebanyakan remaja-remaja pecandu narkoba itu tergoda untuk make narkoba , karena ajakan sahabatnya sendiri yang ternyata merupakan pecandu narkoba juga.
Kita kan juga udah sering dengar tentang “salah pergaulan”.

Wuuiih, jadi takut deh 
So, don’t a judge a book by it’s cover but, judge it from it’s contain
Yap, kita gak boleh menilai orang dari luarnya aja.
Lihat juga dari hatinya.

Hmmm… beralih ke sahabat yang membawa dampak positif 
Kalian pernah gak punya sahabat yang membawa dampak positif?
Atau kalian sama-sama membawa dampak positif?

Seru kan, punya sahabat yang membawa dampak positif. Misalnya, dulunya kamu itu malas belajar terus tau-tau tanpa disadari sahabatmu udah menularkan semangat belajarnya ke kamu…
Wuih, it’s nice 

Contoh lain, dulunya sahabatmu gak suka menabung. Terus kamu menularkan sifat rajin menabungmu pada sahabatmu itu.
Kan, enak kalian bisa sama-sama menikmati hasil tabungan dengan beli buku bareng,dll. Kalo kamu beli barang dari hasil tabungan sendiri pasti rasanya akan lebih bangga ketimbang minta uang pada ortu. Percaya deh! 

Nah, enak kan kalo punya sahabat yang membawa dampak positif. Seru juga, kalo kamu dan sahabatmu sama-sama membawa dampak positif satu sama lain 🙂

Okay, Mungkin itu dulu yang bisa aku bahas.
Yang mau kasih comment, kritik, saran or pertanyaan seputar Friend
Bisa langsung comment dibawah ya!
Akan aku balas as soon as possible

Advertisements

2 Responses to "F.R.I.E.N.D.S"

Mantap !
Kembangkan terus

Hebattt !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: