worldandlife

Archive for the ‘Save the earth’ Category

Air~~~
Pasti semuanya tau “opo iki Air?” “Apa karu’ ee itu Aer?” “The meaning of water”

Ya ya ya,
Air pentingggg baaangeeettt untuk kehidupan.
Kalo mau minum, cuci baju, mandi, nyiram tanaman, kita pasti pake AIR .
Ya kan?
Masa’ ada sih, yang minum gak pake air -_-”

Tapi, tahukah teman-teman, ciri-ciri air berkualitas?
Hayo deh! Yakin nggak sama air yang kita pakai sehari-hari? Yakin nggak kalo air di rumah kita udah berkualitas?
Nah, air berkualitas juga punya ciri-ciri lhooo…
Mau tau?
Mau mau mau?
Karena admin baik hati dan tidak sombong #lebay , jadi admin pengen sharing ke teman-teman CIRI-CIRI AIR BERKUALITAS

cekidot!

Ciri-ciri air berkualitas:
1. Tidak berbau, berwarna dan berasa.
Jadi, kalo air di rumah teman-teman warnanya jernih, berarti itu termasuk AIR BERKUALITAS DAN SEHAT πŸ™‚

Nah, air yang sehat dan berkualitas juga tidak memiliki rasa. Can say like, rasanya tawar-tawar gitu.
Hmmm… Dulu waktu admin masih TK , admin juga sempet berkhayal, kayaknya kalo air yang rasa apel pasti lebih enak πŸ˜›
Sejak admin tau tentang ciri2 air berkualitas, admin ketawa sendiri ngebayangin khayalan admin dulu πŸ™‚
Heheheheh… πŸ˜€

Air berkualitas juga tidak memiliki warna.
Can say like , “JERNIH” .

2. Tidak mengandung logam berat.
Nah, untuk membuktikkan kalo air tersebut cocok dengan kriteria ini, harus dilakukan penelitian dulu, guys πŸ™‚

3. Tidak mengandung bakteri.
Untuk memusnahkan bakteri-bakteri di dalam air, harus dilakukan pengolahan dulu. Salah satu pengolahan sederhana yang biasa dilakukan di rumah-rumah, yaitu dengan cara merebus air.

Nah, itu dia ciri-ciri AIR BERKUALITAS.
Semoga bermanfaat, guys πŸ™‚

Advertisements

Sampah?
Apa yang teman-teman rasakan saat mendengar kata ini?
Pasti jijik?
Iya kan?

Nah, admin punya usulan bagus nih?
Mau tau usulannya apa?
Mau mau mau?
Jreng jreng jrenngg…
Here we go… caranya, BIKIN SAMPAH JADI TEMAN KITA !!! #semangat45

Lho, gimana caranya?
Okay, let me explain.
Kita bisa bikin produk daur ulang dari sampah-sampah itu.
Masih belum terlalu “excited” ya?
Mmm… do you know?
Dengan daur ulang sampah kita bisa mendulang rupiah.
How?
Caranya, produk2 daur ulang itu kita jual πŸ™‚ Bisa menghasilkan keuntungan kan? Selain itu, kita juga bisa membantu mengatasi masalah persampahan πŸ™‚
Awesome πŸ™‚

Sekarang, admin mau ngasih tau cara2 membuat produk2 daur ulang (Hurray). Check this out :

1. Bubur Koran
Eiitttsss, bubur koran gak bisa dimakan lho, guys πŸ˜€
Hasil dari bubur koran , contohnya :

Menarik ya πŸ™‚
Nah, buat teman2 yg pengen mencoba bikin kerajinan dari bubur koran, tenang aja admin ngasih tau cara bikinnya, kok.

a. Potong kecil-kecil koran yang akan kita gunakan.

b. Rendam potongan koran tadi dengan air selama semalaman.

c. Blender kertas. Atau, remas2, remukkan potongan2 kertas tadi hingga membentuk adonan bubur koran (basah).

d. Peras adonan (mengeluarkan air di dalam adonan) dan campur2 adonan dengan lem kertas. Ratakan lem sampai ke dalam adonan.

e. Bentukklah adonan sesuka hati . Bisa dengan bantuan cetakan kue, kok.

f. Keringkan adonan. Pengeringan bisa dengan bantuan sinar matahari (1 – 2 hari) atau oven (3 jam)

g. Last but not least , hias hasil adonan sesuka hati πŸ˜€

Ohya, #sekedarinfo dari bubur koran ini, kita bisa bikin gantungan kunci, hiasan kulkas dan pin lhoo… πŸ™‚


Kantong plastik memang sangat berguna. Tapi tahukah kamu, benda ini memiliki sebuah proses yang panjang dengan dampak yang sangat besar terhadap lingkungan hidup.

Pemerintah, pelaku bisnis dan kelompok-kelompok masyarakat di seluruh dunia menghabiskan waktu dan uang mereka setiap tahun untuk membersihkan plastik yang tidak dapat didaur ulang atau dihapus dari pikiran dan mengembalikan kerusakan fungsi lingkungan karena plastik.

Check this out guys, ! πŸ™‚

Tahukah Kamu?

1. Kantong plastik tidak dapat terurai dalam tanah hingga 100 tahun.

2. Mendaur ulang plastik membutukan energi 70% lebih sedikit dari pada membuat yang baru.

3. Kantong plastik sisa telah banyak ditemukan di kerongkongan anak elang laut di Pulau Midway, Lautan Pacific

4. Setiap tahun, plastik telah ’membunuh’ hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut dan ikan-ikan yang tak terhitung jumlahnya.

5. Beberapa tipe kantong plastik telah dilarang beredar di Bangladesh, Taiwan, serta sebagian India, Australia dan Afrika Selatan.

6. Pajak/retribusi terhadap kantong plastik telah dikenakan di Irlandia dan Denmark untuk mengurangi penggunaannya.

Sumber Daya Alam :

Kantong plastik terbuat dari penyulingan gas dan minyak yang disebut ethylene.
Minyak, gas dan batu bara mentah adalah sumber daya alam yang tak dapat diperbarui.

Dampak Kantong Plastik :


Kantong plastik yang tak dapat digunakan kembali dan didaur ulang berakhir di lahan pembuangan atau sampah di tanah dan di laut.
Plastik tidak dapat terurai, akibatnya jumlah sampah plastik di bumi ini terus meningkat setiap tahunnya.
Kantong plastik ringan dan anti lembab, karenanya sangat mudah melayang di udara dan mengapung di air, juga sangat mudah menempuh perjalanan yang jauh.
Sampah kantong plastik secara visual tidak menarik dan dapat memiliki dampak serius di wildlife, hewan dan saluran air.
Terjadinya banjir di perkotaan terjadi karena kantong-kantong plastik yang menutup saluran air.

Wildlife:

Sebagai konsekuensi berumur panjangnya plastik dan kemampuannya unuk menempuh perjalanan yang cukup jauh berpengaruh cukup serius terhadap wildlife.
Hewan-hewan dapat terjerat dalam tumpukan plastik.
Hewan-hewan laut seperti lumba-lumba, kura-kura, dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut makanan, kemudian merasa kelaparan hingga mati karena tidak dapat mencernanya.
Ketika hewan mati, kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan lainnya.

How to solve the problem?

1. Kurangi dan Gunakan Kembali Kantong Plastik:

Usahakan untuk menggunakan alternatif kantong plastik seperti kantong dari kain, keranjang atau kotak kerdus. Jika harus menggunakan kantong plastik, usahakan untuk menggunakannya kembali sesering mungkin. Pastikan juga untuk membuangnya secara benar ketika kantong plastik tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali.

2.Daur Ulang:

Daur ulang adalah cara tepat untuk memanfaatkan plastik-plastik yang sudah tidak terpakai lagi. Namun, program daur ulang membutuhkan tingkat infrastruktur yang tinggi dan pasar yang dapat menyerap produk-produk yang dihasilkannya.


3. Beberapa tindakan sederhana yang dapat dilakukan:

– Pikir dua kali untuk meminta kantong plastik jika barang belanjaan sedikit dan mudah dibawa.

– Sediakan kantong kain di rumah, kantor, sepeda motor dan mobil. Sehingga selalu tersedia ketika pergi berbelanja.

– Mintalah toko langganan untuk berhenti menyediakan kantong plastik secara gratis, atau tawarkan diskon untuk tidak menggunakan kantong plastik.

– Ya, kalo bisa sarankan kepada anggota dewan kota setempat atau pemerintah kota/kabupaten setempat untuk mengenalkan peraturan pajak untuk penggunaan kantong plastik atau larangan penggunaan kantong plastik.

sumber: http://www.tunashijau.org/kantongplastik.htm

Gimana guys, udah tahu kan Bahaya dari kantong plastik ?
Semoga dengan tips-tips yang diatas, kita bisa membantu untuk Menyelamatkan Bumi πŸ™‚

Say No to Plastik Bag !!!

Guys, ini dia artikel tentang tempat-tempat terkotor di dunia. 😦
Iyyuww…
Semoga, dengan membaca artikel ini kesadaran teman-teman untuk menjaga kebersihan lingkungan bisa bertambah, ya ! Aminnn.. πŸ™‚

Gak mau kan, kota/tempat tinggal kalian masuk sebagai salah satu nominasi tempat terkotor di dunia ?!?!
So, ayo kita jaga kebersihan lingkungan kita!
Kalau gak sekarang, kapan lagi coy!

Check this out ! ! !


1. Sungai Citarum di Jawa Barat yang kerap dipenuhi sampah ternyata menjadi sungai terkotor di dunia. Penilaian ini dilakukan oleh Huffington Posts saat mendata kota-kota paling berpolusi di seluruh dunia. Padahal, sekitar 5 juta orang hidup di dekat sungai tersebut dan mengandalkan Sungai Citarum sebagai sumber air.


2. Linfen, China. Kota ini merupakan kota paling berpolusi di seluruh dunia. Hidup di kota itu dalam sehari sama saja menghirup 3 pak rokok. Menurut Mother Nature Network, pakaian yang dijemur bahkan sudah hitam sebelum kering. Polusi di sana disebabkan asap mobil dan limbah industri.


3. Los Angeles, Amerika Serikat. Menurut American Lung Association, polusi ozon paling banyak di kota yang terletak di California ini. California Air Resourches Board menyebutkan ada 18 ribu orang mati sebelum waktunya karena polusi udara.


4. Niger Delta, Nigeria. Kalau dirata-rata, sepanjang tahun terjadi 300 tumpahan minyak di sini. Selama 50 tahun, sudah terjadi tumpahan minyak sebanyak 9 hingga 13 juta tong oil. Sungai dan kehidupan marga satwa di sana sudah rusak akibat terkontaminasi minyak. Sekitar 90 persen kebocoran minyak disebabkan oleh pencuri yang menjebol pipa, demikian menurut Shell.


5. London, Inggris. Polusi udara di London disebabkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, agrikultur, dan rumah tangga. Karena polusi udara, umur penduduk disana terpangkas sekitar 9 tahun dengan sekitar 50 ribu orang meninggal akibat polusi udara.


6. Dzerzhinsk, Rusia. Antara 1930 hingga 1998, Dzerzhinsk merupakan tempat pembuangan 300 ribu ton limbah kimia sisa produksi senjata. Sebanyak 300 ribu orang terpapar oleh polusi akibat bahan kimia tersebut. Menurut Mother Nature Network, pada tahun 2003, tingkat kematian di kota ini lebih banyaj 260 persen ketimbang jumlah kelahiran.


7. La Oraya, Peru. Sekitar 35 ribu penduduk La Oroya merasakan dampak polusi timah, seng, tembaga, dan sulfur dioksida dari sebuah perusahaan pertambangan dan perikanan. Menurut Time, 99 persen anak-anak di sekitar pertambangan memiliki darah yang terpapar jauh dari level normal.


8. Danau Karachay, Rusia. Tempat pembuatan senjata nuklir milik Rrusia ini membuat lokasi ini memiliki polusi radioaktif dengan level yang mematikan apabila seseorang terpapar selama 1 jam.

Okay, tentunya “Global Warming” itu udah familiar di telinga kita kan?
Tapi, kalian udah tau belum apa sih Global Warming itu?

Sharing dikit, yah teman-teman.
Nah, aku dulu waktu SD penasaran banggeett apa yang namanya Global Warming. Kebetulan juga waktu itu aku disuruh ikut lomba speech dengan tema “Global Warming”.
Terus, aku iseng-iseng search di google + tanya sana sini penjelasan detail tentang Global warming.
Faktanya, nggak semua orang yang aku tanyain bisa ngejelasin apa itu Global Warming.
Sekarang, aku dah mulai ngerti penjelasan simple tentang Global Warming.
Emang sih, bukan pengertian Global Warming secara mendasar.
Tapi, minimal bisa ngasih gambaran sekilas tentang Global Warming.

Okay, here we go…

Global Warming atau Pemanasan Global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi.
Did u know, Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 Β± 0.18 Β°C (1.33 Β± 0.32 Β°F) selama seratus tahun terakhir.

Global Warming ini menimbulkan berbagai dampak buruk .
Seperti :
1. Mengakibatkan naiknya permukaan laut
Wah, bisa ngebayangin gak kalau permukaan laut tuh makin lama makin tinggi. Hal ini, bisa berdampak juga pada pemukiman warga yang ada disekitar pesisir pantai.

2. Menimbulkan fenomena cuaca ekstrim.
teman-tema pasti sekarang merasakan, ada yang aneh dengan cuaca di bumi. Aku juga ngerasain.
Pagi-pagi aku mau berangkat sekolah, cuacanya cerah2 aja kok.
Tiba-tiba pas udah siang tau hujan -_-”
Aku juga sering bingung ama cuaca sekarang.
Misalnya, Bulan Juni itu kan musim panas .
Tapi kok, di Bulan Juni itu sering Hujan (pengalaman nyata).
Mmm… ternyata itu dampak dari Global Warming.

3. Berkurangnya hasil pertanian
4. Punahnya berbagai hewan
πŸ˜₯

5. dan massihhh banyaakkk lagiii…

So, what should we do to Save our planet?
:”(

menurut penelitian ada beberapa tips yg bisa kita gunakan to Save our Planet. This some little steps that can help our Earth :
1. Kurangi konsumsi daging.
2. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar.
3. Beli produk lokal
4. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas.
5. Beli dalam kemasan besar.
6. Matikan oven Anda beberapa menit sebelum waktunya.
7. Hindari fast food.
8. Bawa tas yang bisa dipakai ulang.
9. Gunakan gelas yang bisa dicuci.
10. Berbelanjalah di lingkungan sekitar Anda. Akan sangat menghemat 11. biaya transportasi dan BBM Anda, dan pastinya mengurangi global warming.
12. Tanam pohon setiap ada kesempatan.
13. Turunkan suhu AC Anda.
14. Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC.
15. Gunakan pemanas air tenaga surya.
16. Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes.
17. Gunakan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat 8 kali dan lebih hemat hingga 80 % dari lampu pijar biasa, dan mengurangi global warming.
18. Maksimalkan pencahayaan dari alam.
19. Hindari posisi stand by pada elektronik Anda!
20. Gunakan colokan lampu yang ada tombol on-off-nya. Atau cabut kabel dari sumber listriknya.
21. Jika pengisian ulang baterai Anda sudah penuh, segera cabut!
22. Kurangi waktu dalam membuka lemari es Anda.
23. Jangan membeli bunga potong.
24. Potong makanan dalam ukuran yang lebih kecil.
25. Gunakan air dingin untuk mencuci dan cucilah dalam jumlah banyak.
26. Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan.
27. Gunakan ulang perabotan rumah Anda.
28. Donasikan mainan yang sudah tidak pantas untuk umur anak Anda.
30. Jika menggunakan deodorant atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol, yang memacu terjadinya global warming.
31. Makan siang di sekolah/rumah bawalah bekal sendiri. Hindari media bungkus plastik atau stereofoam (Berasal dari minyak bumi dan susah untuk diuraikan).
32. Gunakan kertas lebih sedikit.

Hmm.. lumayan susah2 gampang ya?
Tapi, jgn takut mencoba.
Kalau bukan sekarang kapanlagi?
Ayo Selamatkan Bumi kita dari sekarang !

πŸ™‚